Sunday 16 November 2014

HPHT dan HPL USG BERBEDA?? Hati-hati moms!

Mau berbagi pengalaman yang saya alami beberapa waktu lalu saat mengandung baby Rubi.

Desember saya telat haid. Cek dengan test pack sampai minggu ketiga tidak juga positif. Selama ini saya tidak pernah mengalami telat haid, maksudnya setiap bulan pasti selalu ada. Kekhawatiranpun mulai datang. Akhirnya saya tunggu minggu keempat. Akhirnya positif. Alhamdulillah.
Berdasarkan info yang saya dapatkan di internet, tanda garis dua yang muncul dalam test pack itu berdasarkan kadar HCG yang ada didalam urin kita. Yang menunjukkan bahwa sudah mulai terbentuknya kantung janin. Bisa jadi karna kadarnya rendah sehingga tidak terdeteksi. Atau mungkin karna memang belum terbentuk? Hemm agak bingung sebenarnya. Yasudah.. Saya langsung ke dokter kandungan yang ada di RS Medika BSD untuk melakukan USG. Alhamdulillah sudah ada kantung janin. Tapi yang mengagetkan belum ada janin yang terlihat padahal kata spognya untuk ukuran janin 6 minggu sudah terlihat. Yaa ternyata saya sudah 6 minggu hamil jika dihitung berdasarkan HPHT dan berdasarkan hasil USG tersebut, janin saya masih 4 minggu. Nah loh.. Bisa beda ya??
Langsung dong hati saya berkemelut galau risau dan macem-macem yang dipikirin... Dokternya juga to the point banget, kurang suka karna bikin saya yanggggg baru banget hamil anak pertama ini jadi 'sedikit' depresi. Dibilang janin saya bisa jadi telat berkembang karna tokso mungkin, dia menduga itu gara-gara saya bilang dirumah ada kucing. Atau bisa jadi karna siklus haid saya tidak teratur. Sehingga pembuahannya telat. 
Dokter menyarankan untuk tes darah lengkap, untuk periksa tokso dll..
Saya tidak menuruti. Gak mau! Gak akan, karna saya yakin calon bayi saya baik-baik saja. Suamipun mendukung saya untuk tidak cek darah. Dan berencana USG lagi nanti menunggu sekitar 2 minggu lagi agar kelak hasil USG nya ada perbedaan/pertumbuhan atau tidak.
Bagaimana dengan siklus haid? Ini dia moms yang buat saya sangat sangat menyesal, mengapa dari dulu tidak pernah memperhatikan siklus haid??!? Yasudahlah..

Hari-hari dilewati dengan keadaan depresi, setiap malam gak bisa tidur nyenyak. Setiap hari browsing mengenai kasus serupa. Tidak ada. Tidak ditemukan. Tidak mungkin hanya saya seorang yang mengalaminya kan? Pasti ada juga, namun tidak mereka share.
Akhirnya saat periksa ke dokter kedua tiba. Sekarang cek di rumah bersalin wijaya kusuma serpong dengan dokter Bayu spog. Alhamdulillah sudah ada janin yang terlihat. Dan menurut beliau, berbeda dengan HPHT itu tidak apa-apa. Asal dipantau ada perkembangan yang baik dari janin, hal itu tidak masalah.
-----------
Begini, HPHT saya 10 november 2013 jika dihitung dari tanggal tersebut berarti HPL saya 17 agustus 2014 namun berdasarkan USG HPLnya 2 september 2014. Berbeda cukup jauh. 
-----------
Alhamdulillah selama periksa kehamilan selalu baik. Jantung baik. Perkembangan janin baik. Semua normal. 

Sampai saatnya mendekati kelahiran. Saya menjadi galau kembali. Pasalnya 17 agustus 2014 seharusnya sudah lahir bayi saya jika berdasarkan HPHT yaa. Tapi saya biasa saja karna berdasarkan USG ya masih belum saatnya. Ketika lewat 2 minggu yaitu tanggal 30 agustus saya cek, ternyata kondisi kandungan sudah jelek, plasenta pengapuran 70%, ketuban tinggal sedikit. Kenapa bisa begini? Jangan-jangan memang sudah tua didalam. Jika melihat lagi ke HPHT berarti janin sudah 42 minggu, dan itu merupakan batas akhir bayi harus segera dilahirkan.

Saran dan pesan saya yang mengalami hal serupa kepada para mommy dan calon mommy:
1) Jangan pernah telat untuk memeriksakan kandungannya, agar selalu terpantau. Apalagi sudah waktunya. 
2) Percaya HPL bayi sesuai dengan HPHT saja. Jika berdasarkan USG bisa saja salah. Jadi harusnya tanggal 17 agustus saya sudah wanti-wanti jika belum juga mules. Jangan menunggu tanggal 2 september.

Sekian moms. Semoga bermanfaat.
:)

Ps: sampai saat ini saya tidak periksa tokso, dll.. Alhamdulillah bayi saya sehat sempurna insya Alloh. :)



50 comments:

  1. Wah kejadian yg bunda ceritakan diatas sama dengan saya.. Jadi bunda saya telah melakukan usg hasilnya pada tgl 15 Mei 2015 adalah 5W1D sedangkan menurut HPHT waktu itu sudah 8W..saya jadi sangat bingung..Yg mana yg benar..

    ReplyDelete
  2. Hi .. Sama aku juga jumat kmaren usg 5w 1d
    Padahal kalau ngikutin hpht mustinya udh akhir 7w mau masuk 8w
    @sikita rizky : gimana kabarnya skg? Sudah brp weeks?

    Saya juga coba gak gitu mikirin, dok juga bilang dicoba dicek from week to week perkembangannya, semoga hasil kita bagus ya. Amin

    ReplyDelete
  3. Pengalaman bunda2 smua hampir sama yg saya alami saat ini... saya smnjak lahiran mens ny ga teratur jd ga prnah catat tgl mens nya, seingat saya trakhir mens tgl 15 september dan harus ny hitungan hpht skrg udh 8 minggu tapi barusan 14 november saya usg baru kelihatan kantung nya saja dan kemungkinan janin baru 4 minggu.. jauh kan beda nya, kata dokter bulan depan suruh kembali lagi.. H2C nih... saya memang punya riwayat abortus (keguguran) ,mudah2n ga akan prnh terjadi lagi... ini kehamilan ke 3 anak ke2 ku...

    Oya, bagaimana kabar kehamilan bunda2 smua saat ini...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda.. Jadi gmna skrng kehamilannya? Semoga sehat ya bun. Soalnya saya jg lg was2 ni kmrn kl dr HPHT dh 8w tpi usg baru 4w2d.

      Delete
    2. Bunda, gmn hasilnya? Skrg ak nih was2,, sama bgt ky bunda.. Pengen tahu nih skrg gimana kehamilannya..

      Delete
    3. Bunda, aku juga sama nih kejadiannya sama bunda Rini, saat haid aku memang biasanya sering telat. Ini hamil ke 2 ku. Anak pertamaku sudah 9th. Setelah aku dan suami merencanakan untuk memiliki anak lagi aku mulai mencatat tanggal datang haid. Dan HPHT ku di tgl 29 Oktober 2018. Tanggal 9 Desember aku baru TP dan Alhamdulillah hasilnya positif. Tgl 28 Desember ke klinik untuk cek kehamilan tapi ternyata di klinik faskes tingkat 1 BPJS ku tidak ada mesin USG jadi hanya di test menggunakan alat tes detak jantung janin dan menurut Bidannya detak jantungnya belum terdengar hanya bunyi ari-arinya saja yg sudah terdengar. Bidan kemudian menyarankan untuk melakukan USG. Kemarin tgl 6 Januari aku baru sempat ke klinik untuk USG dan dari hasil USG baru terlihat kantung rahim yang sudah membesar saja dan dokternya tidak yakin jika usia kehamilan aku 9w6d. Ya kalau sesuai dengan HPHT 29 Oktober 2018 usia hamilku seharusnya memang 9w6d saat itu. Jadi karena hasil USG hanya baru terlihat rahim yang membesar saja saya disarankan untuk datang lagi 2 minggu kemudian atau sebulan kemudian untuk melihat perkembangannya. Jujur aku sangat takut, suka kepikiran yang jelek2. Mudah-mudahan tidak ada masalah yang serius dengan kehamilanku ini. Bunda gimana cerita kehamilannya waktu itu? Mohon do'anya dari Bunda2 semuanya agar kehamilanku lancar baik dan sehat ya.

      Delete
    4. Sama nih mba..aku jg kehamilan ke3 anak k2..galau x..klo dr hphr udh 9m tp brsn usg 5m trus gak berkembang kata spog nya..tp klo mw ngg katanya tgg 2 minggu lagi..

      Delete
  4. Wah setelah obrak abrik google nemu juga kasus yang sama.
    Sedikit cerita moms.. Saya nikah 20 september 2015, trus tanggal 23 September 2015 saya haid (pasti ingat dong ya, baru nikah soalnya 😂)
    Bulan Oktober harusnya dapet malah gak dapet2, biasanya saya haid tiap bulan. Tunggu seminggu di tes negatif, dua minggu negatif, tiga minggu negatif, akhirnya minggu ke 4 saya tes lagi Alhamdulillah positif bun.
    Pas dibawa ke dokter mau usg minggu depannya lagi, ternyata baru 4w.. Dokter nyuruh tes urin dan tes darah. Takutnya janin gak berkembang katanya. Deg deg deg.. Akhirnya trnyata darah bagus dan emang positif gk masalah. Sempat bingung jg padahal waktu usg itu seharusnya udah 8/9w ya moms perhitungan hpht.
    Sekarang udah jalan 21w menurut usg, kalau menurut hpht 25w. Karna perbedaan itu jadi galau soalnya hpl beda ya moms. Hpl dari hpht 29 juni, hpl usg 23 juli.

    Untung banget nemu kasus yang sama gini, jadi pas dekat2 hpl nya hpht bisa was was cek dokter terus yah.. Semoga lancar. Kehamilan pertama soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mba sama banget sama sy,,tapi berkembang normal kan mba? Sy takutnya ga berkembang makanya sy smp usg berkali2, tp ttp sama...

      Delete
    2. Wah, mba sama banget sama sy,,tapi berkembang normal kan mba? Sy takutnya ga berkembang makanya sy smp usg berkali2, tp ttp sama...

      Delete
    3. Iya mbak.. Berkembang normal semuanya.. Alhamdulillah... Sekarang cuma galau hpl nya aja sih soalnya merantau.. Hehe

      Delete
    4. Mba Myu Fidah, hpht kita beda 1 hari...hpht aq 24-9-2015, hpl 30-06-2016...
      Td aq baru periksa lg ke Spog lain, kt dokternya hpl aq sktr 2 bln lg : 11-07-2016...
      Pdhl di Spog aq biasa kontrol, aq udah bs lahiran saecar 16-06-2016 krn udah pas 37 minggu...g'harus nunggu 30-06-2016 krn g'bs lahiran normal...
      Jd aq ikut dokter Spog Ku yg lama aja...ikutin hpht...

      Delete
  5. Waah, ada temen akhirnya,,, hari ini aku br usg, hpht ak 1 feb seharusnya udah 8/9W, tapi hasil usg hari ini baru 4w2d, sempet nangis saking ga tenangnya,, sampai2 usg lagi ke dokter yg berbeda, hasilnya malah tambah ga jelas,, dr dokter pertama cuma bilang masih kecil, belum keliatan, ak tanya ada masalah, katanya ga ada, nanti bisa diliat jelas di pemeriksaan ke 2 katanya, aku diresepin premaston, obat penguat gitu,, tetep aja nih bawaannya mellow krn ga sesuai itu,, pas liat ada pengalaman ini, jadi lumayan bisa tenang setidaknya,, mudah2an bulan depan udah keliatan jelas.. Aamiin.

    ReplyDelete
  6. Waah, ada temen akhirnya,,, hari ini aku br usg, hpht ak 1 feb seharusnya udah 8/9W, tapi hasil usg hari ini baru 4w2d, sempet nangis saking ga tenangnya,, sampai2 usg lagi ke dokter yg berbeda, hasilnya malah tambah ga jelas,, dr dokter pertama cuma bilang masih kecil, belum keliatan, ak tanya ada masalah, katanya ga ada, nanti bisa diliat jelas di pemeriksaan ke 2 katanya, aku diresepin premaston, obat penguat gitu,, tetep aja nih bawaannya mellow krn ga sesuai itu,, pas liat ada pengalaman ini, jadi lumayan bisa tenang setidaknya,, mudah2an bulan depan udah keliatan jelas.. Aamiin.

    ReplyDelete
  7. Baru banget ngalamin, hr ini cb periksa ke dr spog yg bkn biasanya kandungan yg harusnya masuk usia 36week jd 32-33week deg jd kaget. Kata Dr sie mungkin hphtnya yg salah krn haidnya gk teratur atau bayinya yg kecil sempat kaget krn ak inget bgt mens terakir n haidnya gk pernah telat, jd deg2an pengen balik periksa didokter yg lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. hay bun, pas banget itungan selisih ku n bunda .. tapi ini aq belum lahiran disuruh banyak makan lagi, krna perbedaan aq udh 3 kali ganti pindah dokter dan jawaban mreka sama janin yg kecil .. bikin tambah stress,tapi bunda udh lahiran kan ? gimana pengalamannya kemarin lahiran?

      Delete
  8. Jika perbedaan humur janin 1 samp 2 minggu sepertinya msh ndk masalah. Tp jika sudah beda 1 bulan dengan haid yg teratur dan dengan hitungan haid terakhir yg tepat, sptnya hs di pantau perkembangannya. Sangat di sarankan untuk cek TORCH. Krn saya pernah mengalami sampai 3X keguguran setelah anak pertama. Krn takut cek darah. Akhirnya sesudah 3X keguguran saya mengumpulkan keberanian untuk cek darah. Ternyata hasilnya hsv1 didalam darah tinggi itu yg membuat janian tdk bs berkembang ( penyebabnya karena data tahan tubuh menurun mungkin krn sy sering begadang) Setelah di beri obat selama 3 bulan dokter menyatakan sudah aman untuk hamil, tp sy msh belum berani untuk hamil. Saya terus memantau perkembangan virus HSV1 dgn rutin cek darah setiap bulan samp hasilnya borderline baru saya berani hamil. Syukurlah setelah itu sy bs hamil dan melahirkan normal dengan waterbirth.

    ReplyDelete
  9. Akhirnya ada juga yg sama.. Klo sya hitungan dari HPHT uk uda 12 minggu.. Tapi saat usg masih 7w beda jauh.. Dan masih berupa kantung janin... 2 minggu lagi kontrol ..smoga debay baik2 saja..
    Adakah bunda yang sama seperti sya..
    Apa memang 7w masih berupa kantung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang gimana bun? Aku juga sama bgt, bulan lalu cek 6w, bulan depannya cek kok baru 7w, pdhal menurut hpht hrusnya 11/12w. Jadi gimana bunda? Janin tetap baik2 saja kan? Saya bingung sambil mellow2 setengah mati 😭

      Delete
  10. Aq yang malah bingung...hphtku itu 16 juni 2016..harusnya klo berdasar hpht udah 30 week, tpi koq pas usg hari ini dibilangnya 34 week sama dokter...jdi harus ngikutin yg mana ya??

    ReplyDelete
  11. Maaf bunda" tlong pendapatnya ya...Sya 2minggu lalu Usg Uk 8w 1d dan 2minggu kmudian Usg lg pas hari ini kok knpa jdi 6w 5d ya bunda"??? Pdhl 2minggu lalu kantung sdh mulai terisi. Apa krn sya ada riwayat abortus? Hrsnya skrg sdh 10w 1d dong klo dhtung sesuai Usg 2mnggu lalu? Jdi depresi sndri kykny ini bun..Tlong bunda"bgmn pndapat para bunda"?? Krn sya sangat cemas sekali..

    ReplyDelete
  12. thks bgt bunda pengalamannya.. saya jg lg nunggu kelahiran minggu ini. tp sm dokter disuruh tahan dgn minum obat anti mulas krn ukuran janin tdk sesuai dgn hpht. untung blm saya minum tu obat. daripada anak saya tua di dlm perut dan membahayakan janin kelamaan di perut. pasrah saja sm Allah dan makan yg banyak dlm seminggu ini.

    ReplyDelete
  13. Wahh ternyta ada yang sama..

    ReplyDelete
  14. Halo semuanya yg udah komen, ini mbaknya sudah melahirka secara caesar 31 agustus dini hari pukul 01 pagi. Baby sehat sempurna dan ibu juga sehat. Bisa dibaca artikel sebelum2nya ya sebelum artikel yg ini dy post. Semoga membantu kegalauan kita bersama ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut seneng bun, mudh2an janin q normal jg br 6w tp usg 4w udh vonis g berkemvang aja dokterny

      Delete
  15. Betul sekali, HPL berdasarkan HPHT lebih bisa diandalkan ...

    ReplyDelete
  16. selamat yah moms udah lahir debay nya, berat debay berapa moms?.. saya malah lagi bingung moms soalnya hpl saya kebalikan dari moms. kalo hpl sesuai USG lebih cepat dari pada hpl sesuai HPHT gimana? saya HPL usg 26 juni tapi HPHT 3 juli..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gmn mom skrg udh lahir dd.y dan kpn lahir.y sesuai hpht ap usg?
      Soalny sy jga hpht 25 nov tpi dri usg 10 nov jadi bingung

      Delete
  17. Aduh bunda2 sy lg galau nih
    Hpht sya 03mei 2018
    Klo mnrt hitungan bidan
    Ini sdh 9w
    Tpi hsl usg ko 2w
    Katax pngrh haid tdk teraturlh
    Aduh gmna ini bun.....
    Sy takut janin sy tdak brkmbang

    ReplyDelete
  18. Hi bunda sy juga lg ga tenang dg hasil usg yg dr awal test sdh bikin galau..hpht 20 sept 2018 periksa tgl 1 okt 2018 kantung janin blm juga terlihat hanya penebalan rahim..ga tenang bun..

    ReplyDelete
  19. Hai bunda smua, sya usg d trimester pertama usia 8w5d hlp.y tgl 25 nov 2018, trus usg pas masuk trimester ke2 brubah mnjadi tgl 16 nov, dan kmrin usg trimester terakhir hpl.y 10 nov. Kira" itu knp ya ko bisa maju terus hpl usg.y

    ReplyDelete
  20. Hi bunda smua..aq lg galau ni..
    1 bulanyg llu aq sempet keguguran dan dilakukan kuret akibat bo.wktu tu usia kandungan aq hrus ny msuk 12 mgu.tp pas d usg kt dkter ny bru 7/8mggu..sblm k dkter aq ngluarin flek coklat.d usg dnyut jntung jg gk da.ktny janin nygk brkembg..
    Hbis kuret aq udh 2 x mens.hpht 25 des 2018
    Siklus aq 28 hr.shrus ny tgl 21 aq da mens..jd aq tespek hasil ny kok samar y bun???pa mesti tgu 1 mggu lg???aq cemas bgt krna ad riwayat keguguran.da yg sma kyk aq gk ???

    ReplyDelete
  21. Sama bun..
    Saya hamil anak pertama ini bun..
    Kalau menurut hpht udah 8w1d tapi tadi pasi usg baru 5w5d
    Saya jadinya bingung dong.. Galau juga soalnya dokternya bilang takutnya karena janinnya gak berkembang..
    Sampai saat ini pun.. Aku tak henti memikirkannya..
    Mohon do'anya ya bunda
    Semoga semua baik baik saja..
    Soalnya baru hamil pertama ini bun..

    ReplyDelete
  22. Pagi bunda
    Perkenalkan nama saya ati
    Aku hamil anak pertama
    Dan d perkiraan oleh bidan hpht nya 17 maret 2019
    Tp usg pertama tgl 9maret
    Usg ke2 7maret
    Dan uag terakhir kemaren tgl 29 maret
    Sampe akrg aq galau
    Yg bener yg mana
    Udah flek sedikit kemaren pas tgl 9maret
    Terus 2 hari yg lalu keluar lendir bening

    Ada yg ngalamin sama ngga ya bun
    Bantu jawab ya bun
    Maksh

    ReplyDelete
  23. Hallo bun...spertinya kita pnya msalah yg sma, bru tdi sore coba USG mmurut hpht uk udh 9w tpi pas USG ktnya dokternya kira2 uk msih 5w, pdhl mens teratur, tpi kok di usg cm ada gambar bulet ma kantong doank, kta dokternya sruh balik 2bln lg, apa ga msalah itu bun?? , jdi tkut knp2, pa solusinya ya bun...takut setakutnya sya klo hrus mendpt knyataan yg ahhh bgtulah krna sejujurnya sya fobhia RS krna tkut sma diagnosa yg ga di inginkan :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udh usg lg bund? Soalnya kasus kita sama bund, mnurut hpht seharusnya 9 minggu tp usg baru 5 mggu 5 hari bund. Was was terus bawaanya bund

      Delete
  24. Akhirnya baby Rubi lahir normal dg induksi atau normal kontraksi alami kak

    ReplyDelete
  25. Aku juga sama bun, hpht aku 23 mei 2019 skrng tgl 23 juli 2019 harusnya udh masuk 8minggu hampir 9 minggi, tp kmrn aku usg dia baru kelihatan kantungnya saja dan usia janinnya baru 4 minggu, sedih bgt, dokter nyaranin aku utk usg transvaginal, tp blm aku coba, krn aku yakin bayi aku pasti berkembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang janinnya gimana mom? Share dong

      Delete
  26. Intinya lebih mantap hpht apa usg mbak?

    ReplyDelete
  27. Intinya lebih mantap hpht apa usg mbak?

    ReplyDelete
  28. aku juga bund hpht tgl 1 agustus inget banget krna pas pernikahan adik ku....
    nah biasa nya kan sirkus haid aku bersih nya 18 hari kdang idah haid lagi...
    nah alhasil dri tgl 21 setiap hri tp dan hsil nya negatip nah tgl 27 agustus nya positip periksa ke bidan sudah 8 wek pas usia kehamilan 12 minggu mulai lah usg eeehh pas usg kta nya baru 8 wek tp alhmdllah janin dan djj sudah terdengar 😃 alhmdllah seneng dan ada galaw nya krna hpl nya jdi maju dan usia kandungan jadi mundur lagi mkin sekrag klw menrt usg baru 11 wek tp klw hpht 15 wek aneh nya aku udah ngerasain getaran gtu di perut terus kalaw batuk ataw bersn tiba2 janin di dlam suka meregang gtu dan itu sakit 🤔🤔 setau ku pas hamil anak pertama ngerasain ke gtu itu udah mau jalan 5 bln aku jdi bingung lagi sekarang krna kan hrus 7 blanan juga

    ReplyDelete
  29. Halo mom dan bunda,bagaimana dengan kehamilan yg tidak sesuai dengan hasil usgnya? Menurut hphtnya usia kehamilan 8w, menurut usg 5W,apa normal bun? Dan kata dokter 1 bulan lagi disuruh balik tuk periksa tuk mengetahui janin berkembang atau tidak. Apa yg harud saya lakukan mom agar saya kuat? Sudah diberi vitamin sama dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Bun menurut hpht harusnya usia kehamilan ku 9w tp pas di USG masih 5w3d
      Malah aku ngeflek trs Bun selama 7hari berturut2 uda dikasih obat penguat Bun tp tetep ..
      Usaha skrng banyak konsumsi makanan bernutrisi , bedrest , ga boleh stres
      3 Minggu lagi harus kontrol lagi Bun buat mastiin ada janinnya atau ngga

      Delete
  30. Aq jg ngalamin mom ky gitu skrg. .Menurut hpht hpl aq tgl 27feb ini. .Tp menurut hpl usg tgl 16maret ..Aq jd galau mom. .Mana yg hrs jd patokanpatokan. .Ini anak ke3..biasanya Aq pas dgn hitungan hpht atau usg . Tp krn kehamilan aq yg skrg pas awal bln ada pendarahan slma sebulan jd mgkn ke jnin perkembangan nya agak telat ..Pengaruh gA sih ya. .

    ReplyDelete
  31. Sama moms,..agak agak cemas juga akutuh, menurut hpht uk 11w6d.. hari ini usg usia janin jadi 9w�� tapi detak jantung udah kedengeran..
    Bagi pengalaman yg udah lahiran dong, gmna dedeknya,?��

    ReplyDelete
  32. Sama bun.. hari ini sy baru sja usg katanya baru 6w sedangkan dari bidan hitungan hpht uda 10w dr.nya bilang ini gak normal karena dr hpht seharusnya uda 10w.. dr.nya gak jelasin gak normalnya itu knp cuma bilang gk normal dan hrus balik usg lgi 2 minngu kedepan ... Adakah yg bisa bantu menjelaskan? Dr td kepikiran pengen nangis mulu mulu knp" soalnya hamil anak pertama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda senasib kita... Saya juga baru saja td melakukan USG.. HPHT saya 14 februari 2020, mens saya tdk teratur biasanya 35-38hari sehari mens nya. Nah, saya cek ke bidan pas akhir maret hasilnya positif dan menurut perhitungan bidan dri HPHT seharusnya usia kandungan saya saat ini di tgl 2 Mei 2020 adalah 11w... Tp saya USG ke dokter, dede janinnya baru 5weeks :-( sedih saya bun...
      Apalagi ini isi pendarahan yg seperti menstruasi udh 2 hari:'(:'(
      Dikasi resep penguat kandungan dan penambah darah sama dokternya.. dan 2 minggu lagi balik untuk kontrol...

      Semoga janin kita berkembang yaa bunda...^_^

      Delete
  33. Ya Allah Bun kalo q sll USG di bidan dan hasil USG 2 dimensi dr bidan dan hpht hampir sama hpl harusnya 25 Agustus ini tapi karna blm da tanda2 melahirkan q pindah USG ke yg 4 dimensi kata dokternya hplnya 6 September tapi q liat di print USG 4 dimensi anakq baru mau 37 Minggu ya Allah ini dh tgl 26 kalo dr hpht dh 40 week 1 day

    ReplyDelete