Sunday 16 November 2014

Master by research atau coursework?

Mau share tentang istilah yang dari dulu saya ga paham kenapa ada dosen saya yang titelnya M.Phil bukannya semua master science itu M.Sc kalo studi diluar yaahh..
Kebetulan dapet artikel ini dari group.. Sekarang jadi paham deh, mihihi..
.
.
Master by research atau coursework?
(Now Everyone Can Get Scholarship : (NECGS) - part 1)

Banyak yang asal gebyah uyah, "pokoknya gw mau kuliah master ke luar!" Daftar, keterima, baru deh panik setelah lulus karena ga tau bedanya master by research sama coursework.

Pada dasarnya kalo di luar negeri, program master (S2) itu kebagi dua tipe: research dan coursework. Bedanya apa? Kalo by research, 2 tahun masa kuliahnya fokus pada riset. Jadi kalk ditanya, "kapan mulai tesis?" Ya pada hari pertama injak kaki di kampus, itu sudah mulai riset untuk tesis! Paling ngambil kuliah seperlunya aja untuk menunjang keperluan riset kita, ga sampe 20an sks per semester. Kayak waktu saya di jepang, master by research, per semester paling cuma disuruh ambil 3 mata kuliah.

Kalo coursework? Ini sama persis dengan tata cara kita kuliah S1. Dateng ke kelas, ngerjain tugas, ujian dan seterusnya. Biasanha baru mulai tesis di semester terakhir. Di beberapa negara, master by coursework ini bisa diselesaikan dalam waktu hanya 1 tahun, seperti di aussie, UK, atau belanda.

Saya selalu wanti-wanti ke peserta seminar beasiswa, memilih negara itu penting. Bukan hanya biar bisa selfie di eifel, pacaran sama orang jepang, atau naik puncak alpen, hehe. Karena beda negara, beda kebijakan mengenai master by research atau coursework ini.

Misalnya jepang, korea, atau taiwan. Negara asia timur ini umumnya secara otomatis ya master-nya by research. Contohnya saya ketika di jepang ya seperti orang kerja aja, jam kerja 8-17 di laboratorium. Hanya pada saat ada kelas diizinkan untuk tidak di lab dan masuk kelas. Hampir tidak ada opsi untuk by coursework, kecuali beberapa program yang memang disetting berbeda. Misalnya ini nih, master public policy di GRIPS www.grips.ac.jp/en/education/inter_programs/policy/. Kuliah intensif selama 1 tahun, colek alumnusnya ah mas Angga Ekoprasetyo Wirastomo mas Muhammad Halley Yudhistira .

Beberapa negara yang memberikan opsi master-nya mau research apa coursework? Misal aussie atau UK. Yuk kita lihat misalnya di university of sydney (pilihan acak). 

Cek di link ini untuk lihat pilihan master by coursework : sydney.edu.au/arts/future_students/postgraduate_coursework.shtml

Sementara untuk master by research bisa cek di link ini : sydney.edu.au/arts/future_students/postgraduate_research/index.shtml

Untuk master by research, biasanya gelar-nya M.phil, contohnya bung @faldo sementara untuk master by coursework seringnya gelarnya M.Sc.

Terakhir, apa konsiderasinya mau pilih master by research apa coursework ya??? Ini agak tricky sih menurut saya. Saya uraikan aja kelebihan dan kekurangan dua program ini:

# Master by research

Kelebihan:
- Outputnya biasanya minimal bikin 1-2 paper atau conference. Karena namanya juga fokus riset ya. Colek pak Agus Ismail dan mas Shofarul Wustoni yang 2 tahun master bisa bikin 1 paper international
- Pengalaman risetnya akan sangat terasah untuk lanjut PhD. Jadi kalo lanjut PhD sudah ga perlu pembiasaan lagi karena sudah spirit peneliti

Kekurangan:
- Akan lemah dalam basic concept! Terutama akan terjadi kalau misalnya S1nya kurang dalam, atau topik riset S2nya lintas bidang. Seperti saya misalnya. S1 saya material, S2 biomaterial dan merasa sangat kurang banget di basic ilmu biologinya ketika menjalankan riset

# Master by coursework

Kelebihan:
- Ilmunya akan sangat mendalam. Beberapa produk master by coursework yang bagus saya mau colek mas Ferry Anggoro Ardy Nugroho yang sekarang jadi pakar nanoteknologi di swedia. Ketika master dia ambil program erasmus mundus master dalam bidang nanoteknologi. Saya tahu betul gimana ferry waktu S1 sangat buta terhadap nano, sekarang udah gape banget hehe. Sukses terus om.

Kekurangan:
- exposure riset kurang. Agak sulit master by coursework bisa keluar output paper international.

Jadi, jangan bingung lagi ya guys.... ;). Semoga sukses.

Tunggu edisi selanjutnya.

NECGS - part 1 --- end

Radyum Ikono
Founder @sahabatbeasiswa

1 comment:

  1. kata2nya ada yang disadur sama dengan (.com) punya orang. saya bingung tapi terima kasih infonya

    ReplyDelete